Jilbab

DEFINISI JILBAB

Diterangkan dalam kamus al Muhith, jilbab adalah pakaian yang luas untuk wanita yang dapat menutupi pakaian rumahnya seperti milhafah (mantel).

Tafsir Jalalain (jilid 3:1803) memberikan arti jilbab sebagai kain yang dipakai seorang wanita untuk menutupi tubuhnya.

Jauhari dalam Ash Shihah mengatakan jilbab adalah kain penutup tubuh wanita dari atas sampai bawah.

Khaththath Usman Thaha dalam Tafsir wa Bayan menjelaskan jilbab adalah apa-apa yang dapat menutupi seperti seprai atas tubuh wanita hingga mendekati tanah.

Fiqh Sunnah oleh Sayyid Sabiq Jilid 7 (Edisi Indonesia) menerangkan jilbab adalah baju mantel.

Dalam Kitab Mujam al Wasith hal 128 jilbab diartikan sebagai pakaian yang menutupi seluruh tubuh atau pakaian luar yang dikenakan diatas pakaian rumah seperti mantel.

KEWAJIBAN BERJILBAB

 

Kewajiban berjilbab diterangkan pada Qur’an surat Al-Ahzab:59 dan An-Nur:31 sebagai berikut:

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Al-Ahzab:59

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. An Nuur:31

BATAS AURAT WANITA

 

 

Batas aurat wanita adalah wajah dan telapak tangan sebagaimana disebutkan dalam hadits:

Hadis riwayat Aisyah r.a., bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah berpaling darinya dan berkata, “Hai Asma, seseungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid (akil balig) maka tidak ada yang layak terlihat kecuali ini,” sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan. (HR Abu Daud dan Baihaqi).

SYARAT-SYARAT PAKAIAN MUSLIMAH
Pada dasarnya seluruh bahan, model, dan bentuk pakaian boleh dipakai, asalkan memenuhi syarat-syarat berikut.
1. Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
2. Tidak tipis dan transparan.
3. Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat).
4. Bukan pakaian laki-laki atau menyerupai pakaian laki-laki.
5. Tidak berwarna dan bermotif terlalu menyolok. Sebab, pakaian yang menyolok akan mengundang perhatian laki-laki. Dengan alasan ini pula, maka membunyikan (menggemerincingkan) perhiasan yang dipakai tidak diperbolehkan walaupun itu tersembunyi di balik pakaian.

 

KESALAHAN DALAM MEMAKAI JILBAB

Masih banyak sekali kaum muslimah salah dalam memakai jilbab, seperti dicontohkan dalam gambar di bawah ini :

 jilbab_salah_01.jpg

 jilbab_salah_02.jpg

 

MEMAKAI JILBAB DENGAN BENAR

Memakai jilbab yang benar dicontohkan seperti gambar di dawah ini :

jilbab_benar_03.jpg

Untuk mengetahui hukum jilbab secara lengkap, baca (download)  EBOOK di bawah ini :

download-button-3.jpg

Alternatif download di sini   (Klik kanan, “Save target as….”)

 

18 Tanggapan

  1. Thanks banget tentang info jilbab yang benar and yang kurang benar.

  2. Sekedar mengingatkan, bahwa kita sering salah kaprah memaknai (mengucap)
    kerudung dengan jilbab. Mudah-mudahan artikel dibawah bisa menjadi
    perenungan…

    Pakaian wanita dalam kehidupan umum ada 2 (dua), yaitu pakaian bawah
    (libas asfal) yang disebut dengan jilbab, dan pakaian atas (libas
    a’la) yaitu khimar (kerudung). Dengan dua pakaian inilah seorang
    wanita boleh berada dalam kehidupan umum, seperti di kampus,
    supermarket, jalanan umum, kebun binatang, atau di pasar-pasar.

    Apakah pengertian jilbab? Dalam kitab al-Mu’jam al-Wasith halaman
    128, jilbab diartikan sebagai “Ats tsaubul musytamil `alal
    jasadi kullihi” (pakaian yang menutupi seluruh tubuh), atau “Ma
    yulbasu fauqa ats-tsiyab kal milhafah” (pakaian luar yang dikenakan
    di atas pakaian (rumah), seperti milhafah/baju terusan), atau “Al
    Mula`ah tasytamilu biha al mar`ah” (pakaian luar yang digunakan
    untuk menutupi seluruh tubuh wanita).

    Jadi jelaslah, bahwa yang diwajibkan atas wanita adalah mengenakan kain
    terusan (dari kepala sampai bawah) (Arab: milhafah/mula`ah) yang
    dikenakan sebagai pakaian luar (di bawahnya masih ada pakaian rumah)
    lalu diulurkan ke bawah hingga menutupi kedua kakinya. Jadi, jilbab
    bukanlah kerudung dan bukan pula kain potongan (rok dan baju panjang),
    tapi baju terusan.

    Untuk pakaian atas, yaitu khimar, syariat telah mewajibkan kerudung
    atau apa saja yang serupa dengannya yang berfungsi menutupi seluruh
    kepala, leher, dan lubang baju di dada. Pakaian jenis ini harus
    dikenakan jika hendak keluar menuju pasar-pasar atau berjalan melalui
    jalanan umum.

  3. ya saya setuju
    Banyak istilah yang ‘terkaburkan’ tidak hanya urusan kerudung dan
    jilbab. Namun dalam istilah yang lebih luas, banyak sekali istilah-
    istilah yang sehingga mengaburkan pemahaman dan akhirnya melunturkan
    kepribadian kaum muslimin. Sekali lagi… saatnya kaum muslimin
    kembali ke Islam yang sempurna.
    Kata jilbab (bahasa arab: جلباب ) di Indonesia merujuk pada jenis pakaian berupa penutup kepala dari helaian kain, atau sering juga disebut dengan kerudung atau tudung (Malaysia). Pengertian ini sebenarnya salah kaprah dan hanya berlaku di Indonesia. Di negeri Islam lainnya , jilbab lebih merujuk pada pakaian terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan ajaran Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31 : “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya.”

  4. Artikel yang sangat bagus. tapi sepertinya link untuk download ebook-nya tidak jalan ya. Trims

  5. Akhi Haikal….., link alternatif download EBOOK – Dalil hijab (jilbab) sudah diberikan. Silahkan download ebook-nya dari link tersebut.

  6. huhhh,bingung…

  7. Saya jg baru pake jilbab,tapi masih belum benar sih..Akan tetap kucari di internet.doakan yawww!!!

  8. aku belum pake jilbab sepenuhnya. aku biasa pake seperti gambar e itu. gimana dong?

  9. aslmkm
    jzkllh atas ebook nya, smoga Qta slalu dlm bimbingan-Nya. amin..
    wslmkm

  10. asalamualaikum
    saya blum bisa seperti contoh baik di atas, apakah kalo pakai kerudung yang tidak sesuai itu malah bertambah dosa ?? bukannkah kita sudah niat untuk menutup aurat ?? tapi karena kesibukan, kita mengabaikannya, apa itu salah ya??
    jazakumullah .

  11. jilbab saat ini memang banyak yang salah kaprah….. semoga dengan ini kita mendapat korekri…sukron

  12. tetep semangat dan istiqomah ukhti !!!!!!!!!!!!!!!!

  13. pink deh gambar ujungku kalo di wordpress…pasti…

    “hmm…..aku kategori yang benar, tapi jilbab skull ku nggak panjang panjang bgt!”

  14. assalamualaikum.
    alangkah indahnya berjilbab….
    wanita akan semakin terlihat cantik dg balutan busana yg islami.

  15. […] muslimabipraya.wordpress.com/2007/12/28/jilbab/ […]

  16. Subhanallah dg memakai jilbab insyaAllah hati jadi lebih tenang

  17. AQU DUKUNG JILBAB TO ALL WOMAN…………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: