Mimpi Bertemu Rasulullah ?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ustad, beberapa waktu lalu saya diberitahu teman saya bahwa dia telah bermimpi bertemu dengan seseorang berpakaian putih dan wajahnya sangat bercahaya kemudian orang itu memberitahukan bahwa kiamat sudah sangat dekat. Teman saya itu merasakan bahwa seseorang yang ditemuinya di dalam mimpi itu adalah Rosululloh SAW dengan perasaan yang sangat kuat. yang ingin saya tanyakan apakah benar dia bermimpi bertemu dengan Rosululloh SAW? Dan bagaimana Dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Al-Hadist yang shahih mengenai “bermimpi bertemu dengan Rosululloh SAW” ini ?

Terima Kasih Ustad atas jwabannya.

 

Jawaban :

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah, washshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, Waba’du

Mimpi yang dialami oleh seorang muslim bisa benar dan bisa tidak. Bisa menjadi petunjuk dan juga bisa penyesatan. Ada tiga hal yang perlu dipastikan dalam kasus bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW.

Pertama, hanya para shahabat Rasulullah SAW yang bisa dipercaya bila berkata mimpi bertemu dengan nabi. Mengapa? Karena selama hidup mereka memang telah kenal dengan sosok Rasulullah SAW. Sehingga bila sepeninggal Rasulullah SAW, mereka mimpi bertemu dengan beliau, bisa dipastikan tidak salah orang.

Adapun satu generasi di bawah para shahabat adalah orang-orang yang tidak pernah bertemu dengan sosok nabi Muhammad SAW. Dan di masa itu wajah dan sosok beliau SAW belum pernah digambar atau dilukis. Dan photografi pun belum pernah ditemukan di masa itu kecuali ribuan tahun sesudahnya. Apalagi kita di masa sekarang ini, tentu tidak ada satu pun referensi yang bisa digunakan untuk menyatakan bahwa sosok yang muncul dalam mimpi itu adalah benar-benar Rasulullah SAW. Sehingga apa benar itu beliau SAW atau bukan, dasarnya hanya semata-mata perasaan belaka. Dan pastilah bersifat subjektif.

Kedua, hanya mereka yang secara serius telah mempelajari sirah nabawiyah terutama dalam masalah kondisi pisik Rasulullah SAW yang berhak mengaku telah mimpi bertemu dengan Rasulullah SAW. Inipun masih dalam tanda tanya. Benarkah sosok yang dilihatnya di dalam mimpi itu memang benar Rasulullah SAW. Bagaimana dengan kemungkinan salah orang. Karena meski sudah membaca berkali-kali riwayat tentang wujud pisik Rasulullah SAW, yang jelas mereka belum pernah bertemu sebelumnya. Bagaimana dia bisa sampai pada kesimpulan bahwa yang dilihatnya memang benar-benar Rasulullah SAW? Siapa yang memberi tahu bahwa sosok itu memang benar-benar Rasulullah SAW?

Ketiga, kalau pun bisa dipertanggung-jawabkan bahwa sosok itu memang benar Rasulullah SAW, tentu sama sekali tidak ada syariat baru yang disampaikannya. Kalau sekedar tersenyum, melambai atau hal-hal lain selain masalah tasyri’, barangkali masih bisa diterima. Asal prinsip dan intinya memang tidak bertentangan dengan apa yang kita dapat idari warisan beliau yaitu Al-Quran Al-Karim dan sunnah.

Wallahu a’lam bishshawab.
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

(Sumber : Ust. Ahmad Sarwat)

Satu Tanggapan

  1. قال رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
    سَمُّوا بِاسْمِي، وَلَا تَكْتَنُوا بِكُنْيَتِي، وَمَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ، فَقَدْ رَآنِي، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ فِي صُورَتِي، وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا، فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ
    (صحيح البخاري)
    Sabda Rasulullah saw : “Berilah nama-nama kalian dengan namaku, dan jangan memakai gelar seperti gelarku, dan Barangsiapa berMIMPIkan AKU dalam tidurnya Sungguh ia Telah Melihat AKU, karena sungguh syaitan tidak mampu menyerupai diriku, dan barangsiapa yg berdusta atasku dengan sengaja, maka hendaknya ia bersiap akan tempatnya di neraka” (Shahih Bukhari)

    =>….Inilah DALIL ORANG BERMIMPI BERTEMU NABI SAW
    =>….Siapapun yang bermimpi bertemu Nabi SAW, ITU adalah BENAR NABI SAW
    =>….Jika ada orang mengaku BERIMAN, tidak pernah Mimpi Bertemu NABI SAW, MAKA perlu DIPERTANYAKAN tentang KEIMANANNYA…
    =>….TANDA JIDAT HITAM!!!…BUKAN TANDA KEIMANAN SEORANG MUKMIN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: