Ikhlas (Bagian 1)

Jangan pernah anda remehkan amal apapun yang telah anda kerjakan bila dilakukan dengan niat yang ikhlas. Amal sedikitpun jika dibarengi dengan ikhlas, akan menjadi banyaklah pahalanya.

Amalan hati merupaakn topik yang sejak dahulu sangat diperhatikan oleh para ulama. Mereka telah menghimpun berbagai banyak karya tulis mengenainya dan memulai pekerjaan mereka dengan memberikan peringatan dan anjuran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah hati. Amalan hati memang memerlukan usaha yang keras dan perhatian yang serius, mengingat pokok pangkal keselamatan itu sangat erat kaitannya dengan amalan hati di samping pekerjaan anggota tubuh lainnya yang sudah barang tentu ikut terlibat di dalamnya jika dilakukan dengan niat yang benar.

Ikhlas merupakan amalan hati yang paling utama, paling penting, paling tinggi, dan paling pokok. Ikhlas merupakan hakikat agama dan kunci dakwah para rasul ‘alaihimus salam sejak dahulu.

QS Al Bayyinah 5 : “Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

ย QS Az-Zumar 3 : “Ingatlah, hanya kepunyaan Allahlah agama yang bersih (dari syirik).”

Ikhlas adalah inti ibadah dan jiwanya. Ibnu Hazm telah mengatakan bahwa niat adalah rahasia ibadah. Fungsi ikhlas dalam amal perbuatan sama dengan kedudukan ruh pada jasad kasarnya. Oleh karena itu, mustahil suatu amal ibadah dapat diterima Allah bila tanpa ikhlas, sebab kedudukannya sama dengan tubuh yang sudah tidak bernyawa.

Tulus tidaknya ikhlas adalah pokok yang melandasi diterima atau ditolaknya amal perbuatan dan yang menghantarkan pelakunya beroleh keberuntungan atau kerugian. Tulus tidaknya niat adalah jalan yang menghantarkan ke surga atau ke neraka, karena sesungguhnya cacat dalam berniat akan menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka, sedang merealisasikannya dengan baik akan menghantarkan pelakunya ke dalam surga.

3 Tanggapan

  1. Ass. Wr. Wb

    Mohon berkenan membagi Ilmunya buat widgetnya sekalian tutorialnya๐Ÿ™‚ hmmm jadi pengennn…
    buastuti.wordpress.com
    Wass. Wr. Wb

  2. Ass. Wr. Wb

    Mohon berkenan membagi Ilmunya buat widgetnya sekalian tutorialnya๐Ÿ™‚ hmmm jadi pengennn…
    buastuti.wordpress.com

    Wass. Wr. Wb

  3. Waalaikumsalam wr wb

    Kalau mau belajar A-Z nya worfpress di sini tempatnya http://afatih.wordpress.com/tutorial-blog/
    Pokoknya komplit banget di sana…………
    Sukron atas kunjungannya di blog kami.
    Kami juga ada di :
    http://baiturrahmanvni.wordpress.com/

    Wass wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: